Goedenacht!

Tidak terasa minggu ini adalah minggu terakhir di bulan April 2017 yang menandakan bahwa minggu depan sudah bulan Mei ­čÖé Hal ini berarti bahwa…. liburan akan segera datang yeaaay, tapi hal ini juga berarti bahwa UAS akan segera dimulai dan proyek tugas besar kami juga akan segera selesai (Aamiin).

Nah kali ini saya mau sedikit cerita tentang progress pengerjaan tugas besar IMKA kelompok RNA, yaitu Ganeshout, sistem pelaporan fasilitas kampus. Nah buat yang belum tau apa itu Ganeshout, bisa langsung check disini.

How it works?

Nah untuk memperjelas gambaran sistem yang akan kami buat dan implementasinya, berikut merupakan diagram blok dari Ganeshout!

blok-diagram

Alat dan Bahan

Nah berdasarkan blok diagram di atas, terdapat beberapa komponen yang dibutuhkan untuk membangun sistem pelaporan fasilitas kampus yang akan kami kembangkan, antara lain:

  1. Arduino Mega 2560
  2. LCD Keypad Shield
  3. Modul RFID MFRC522
  4. LED Merah dan Hijau
  5. ESP8266
  6. Resistor 220 Ohm
  7. Kabel Jumper Male to Male (20 buah)
  8. Breadboard
  9. Kabel USB
  10. Arduino IDE

Skema rangkaian komponen-komponen tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

ganeshout_bb

Implementasi

Sampai saat ini belum semua komponen dapat diimplementasikan dengan sempurna. Apa saja yang sudah berhasil diimplementasikan pada pengerjaan proyek kami sampai saat ini?

Identifikasi KTM menggunakan RFID-Reader

Jadi perangkat kami hanya bisa menerima laporan jika pelapor merupakan civitas akademik ITB (mahasiswa, dosen, dan karyawan) yang memiliki ID tertentu. Saat ini perangkat kami sudah mampu membaca RFID card dan mengidentifikasi apakah pelapor merupakan civitas akademik ITB atau bukan. Nah berikut hasil identifikasi yang berhasil dilakukan.

akses-diterima.jpg

Menampilkan Text dan Menu pada LCD

Perangkat yang kami kembangkan sudah dapat  menampilkan text sesuai program yang dibuat dan dapat menampilkan menu pilihan laporan.

menu.jpg

Menerima input dari keypad

Sebagian input yang dihasilkan dai keypad sudah bisa diterima oleh perangkat yang kami kembangkan.

Lalu, apa saja yang belum berhasil diimplementasikan?

Komunikasi menggunakan ESP8266

Sebelumnya kami telah mencoba menngimplementasikan penggunaan ESP8266, namun sampai saat ini implementasi pemanfaatan ESP8266 belum bisa diintegrasikan dengan perangkat yang sudah dibuat.

Pengintegrasian data dari perangkat ke database

Karena belum tersambung menggunakan modul Wi-Fi, maka data input yang dihasilkan belum dapat diintegrasikan ke ke database.

Hambatan

Dalam pengerjaan proyek ini, banyak sekali masalah dan hambatan yang kami temui. Namun, terdapat dua masalah utama yang kami temui sejauh ini.

Pin pada Arduino UNO tidak sesuai kebutuhan

Karena komponen yang kami gunakan membutuhkan banyak pin, sedangkan pin yang disediakan oleh arduino UNO sangat terbatas, akhirnya kami membeli Arduino Mega :’)

Button pada menu LCD tidak bisa dijalankan

Jadi sebelumnya kami tidak bisa mengintegrasikan penampilan menu dengan pembacaan RFID sehingga kami harus membuat program yang baru. Setalah program baru dibuat, menu bisa ditampilkan, namun tmenu hanya bisa di pilih satu kali. Setelah itu button tidak berfungsi.

Itu tadi progress pengerjaan proyek pegembangan sistem pelaporan fasilitas kampus yang telah kami lakukan sejauh ini. Semoga proyek ini bisa berhasil dan ke depannya mampu benar-benar diimplementasikan di kampus tercinta.

Always end the day with a positive thought!

Good night ­čÖé

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s